Mengenal Teknologi Sensor Gyroscope di Smartphone, Ternyata Ini Fungsinya

Mengenal Teknologi Sensor Gyroscope di Smartphone, Ternyata Ini Fungsinya

Sepertinya banyak pengguna smartphone Android yang belum mengenal teknologi sensor gyroscope yang disematkan pada Ponsel pintar. Apa itu sensor gyroscope? Apa fungsi dan bagaimana cara menggunakannya? Pada pembahasan kali ini kami akan mencoba mengulas sensor gyroscope yang disematkan pada ponsel pintar masa kini. Apalagi gyroscope menjadi salah satu sensor penting pada smartphone Android.

Sensor gyroscope sendiri adalah sensor giro yang berguna untuk menentukan orientasi gerak dan bertumpu pada roda atau cakram yang berotasi dengan cepat pada sumbu. Sederhananya cara kerja gyroscope, yaitu untuk mendeteksi gerakan sesuai gravitasi atau mendeteksi gerakan pengguna.

Rupanya tanpa kita sadari smartphone canggih yang kita gunakan saat ini tidak terlepas dari sensor gyroscope yang memiliki peran penting. Tanpa adanya teknologi sensor gyroscope maka kita tidak dapat melihat sebuah objek 3D ketika memutar ponsel. Adanya sensor ini memungkinkan pengalaman yang seolah-olah nyata.

Penggunaan Sensor Gyroscope di Smartphone

Penerapan fitur gyroscope di Smartfren juga kita temui pada game adventure. Dengan adanya sensor tersebut memungkinkan kita dapat berputar searah gravitasi yang seperti benar-benar melihat sekitar. Atau misalnya jika ingin melihat sebuah objek 3 dimensi, maka cukup dengan untuk melihat mengelilinginya. Tentu saja ini merupakan hasil metode canggih yang menghasilkan pengalaman yang seolah-olah nyata.

Gyroscope sendiri menjadi salah satu komponen yang bisa dibilang memiliki harga mahal meskipun buatan Cina sekalipun. Hal tersebut berkaitan dengan kerumitan serta kompleksitas alat pembentuknya. Mahalnya gyroscope juga turut meningkatkan harga handphone Android maupun iPhone juga menjadi mahal. Karena bagaimanapun juga gyroscope menjadi komponen utama untuk mendukung sebuah handphone yang menggunakan layar sentuh.

Teknologi sensor gyroscope adalah perangkat lunak yang dapat diputar secara leluasa dan cepat. Sehingga cara kerja sensor ini seperti roda motor yang memiliki cakram, dimana ketika roda motor bergerak maka caranya tidak akan bergerak atau tetap stabil. Di samping itu gyroscope bekerjasama dengan accelerometer yang juga menjadi sensor penting dalam sebuah produk smartphone. Sensor accelerometer sendiri memiliki fungsi untuk mendeteksi dan mengukur suatu getaran. Melalui sensor ini juga dapat mengukur percepatan yang timbul akibat gravitasi.

Cara Memanfaatkan Sensor Gyroscope di Android

Ada beberapa handphone yang tidak support dengan sensor gyroscope nama ada juga yang sudah support. Maka untuk mengetahui apakah smartphone yang Anda gunakan sudah memiliki sensor gyroscope atau belum Anda bisa mengajaknya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Untuk melakukan pengecekan Anda bisa menggunakan aplikasi Sensor Box for Android yang bisa di download melalui Google Play Store.

Setelah anda memasang aplikasi tersebut maka di sana terdapat 9 sensor. Disini anda bisa mengklik sensor yang bertuliskan gyroscope dan mencobanya. Apabila anda berhasil mencobanya berarti smartphone yang Anda gunakan sudah support dan memiliki fitur gyroscope. Namun apabila dalam aplikasi tersebut Anda menemukan teknologi sensor gyroscope yang tersilang, maka smartphone yang Anda gunakan tidak mendukung sensor ini.

Jika smartphone yang Anda gunakan mendukung untuk sensor gyroscope, maka secara otomatis Anda bisa menggunakan sensor ini untuk berbagai keperluan yang membutuhkan fitur tersebut. Sensor ini memang sering digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Di dunia game Android sendiri biasanya teknologi sensor gyroscope digunakan untuk melihat objek sekitar, dengan cara menggerakkan handphone ke arah yang diinginkan seperti pada game PUBG mobile dan Snapchat.